Pentingnya Bersikap "Skeptis"

Posted by Amazone Store on Friday, June 15, 2012

Tahukah anda apa itu skeptis? Menurut wikipedia skeptis itu artinya kurang percaya, ragu-ragu atau curiga. Nah, mengapa kita harus membiasakan bersikap seperti ini? Bukankah kita harus selalu percaya dan meyakini sesuatu, bukankah kita tidak boleh ragu-ragu terhadap suatu hal? Mari kita lihat penjelasannya.
Sikap skeptis ini sebenarnya sudah ada pada diri kita sejak kita kecil, kita selalu bertanya kepada orang tua kita mengapa hal ini, hal itu bisa terjadi. Tetapi seiring kedewasaan kita sikap skeptis kurang kita sadari, karena kita selalu beranggapan bahwa apa yang ada pada kita sekarang adalah selalu benar dan kita cenderung mudah percaya oleh isu-isu yang palsu.


Saya berikan contoh bahwa ilmuwan pada zaman dahulu selalu menggunkan prinsip ini dalam bereksperimen, mengapa demikian? mereka bisa mengatakan bahwa bumi ini bulat bukan datar, itu karena mereka tidak percaya, atau ragu-ragu dengan paham yang selama ini telah di anut oleh semua orang di dunia, maka dari itu mereka mengadakan penelitian kembali untuk membuktikan hal itu.

Skeptis ini memang terkadang tidak kita sadari sering terjadi pada kehidupan kita, contoh jika anda mendengar bahwa ada ular kepala manusia, mungkin anda akan mengerutkan kening anda sebagai tanda bahwa anda tidak percaya akan hal itu. Anda tentu bertanya kepada teman anda apa buktinya. Dan tentunya anda juga akan membuktikannya sendiri kebenaran akan hal itu, nah inilah keuntungan bersikap skeptis ini.

Saya berikan contoh lagi, anda pasti sering mendengar pasangan anda berkata bahwa dia sangat mencintai anda, dan akan berbuat apa saja untuk anda, sebagai orang yang bersikap skeptis, hendaklah anda berkata kepada pasanngan anda bahwa anda tidak begitu percaya dengan kata-kata dia, dan anda perlu berkata "selama saya belum bisa membuktikan bahwa apa yang kamu katakan itu adalah bohong, maka saya akan percaya kata-katamu itu".

Jika kita selalu bersikap skeptis maka kita tidak akan mudah tertipu, kita tidak akan sering patah hati, dan kita akan mudah mendapatkan kebenaran yang hakiki.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment