Tahukah Anda Apa itu Misteri "Rep-repan"?

Posted by Amazone Store on Thursday, June 14, 2012

Di Indonesia istilah "Rep-repan" ini sudah sangat dikenal. Rep-repan adalah istilah dimana saat anda bangun dari tidur anda secara tiba-tiba tubuh anda susah untuk digerakkan atau sulit untuk berteriak minta tolong. Tubuh anda seolah-olah ditindih oleh makhluk halus yang besar sehingga anda sulit bernafas.
Sebagian orang percaya, jika ada orang yang mengalami hal ini itu berarti ada makhluk halus yang jahat di dalam ruangan tersebut. Adapun yang beranggapan bahwa orang tersebut telah dirasuki oleh makhluk halus yang jahil yang ingin mengajak ke dunia mereka. Mitos ini pun telah dipercayai turun-temurun oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. 

Kepercayaan seperti ini sebenarnya tidak hanya terjadi di Indonesia, seperti di negara Turki, fenomena ini disebut "karabasan" yang artinya sebuah makhluk yang menyerang orang saat mereka tertidur dan kemudian menekan dadanya dan mengambil nafasnya. Di setiap negara, fenomena ini hanya berbeda istilah saja tetapi  kejadiannya hampir sama.

Hal ini akan menjadi berbeda jika ditinjau dari segi kesehatan, menurut peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, rep-repan ini disebabkan oleh terlalu lelah atau kurang tidur sehingga mengganggu gelombang otak saat tertidur. Rep-repan ini juga sering terjadi pada orang yang pola tidurnya tidak teratur. 

Rep-repan ini biasa terjadi pada tahap tidur yang terdalam atau istilah kerennya REM (Rapid Eye Movement), jadi jika tubuh anda kelelahan maka gelombang otak anda akan tidak teratur, sehingga tubuh tidak melalui tahap-tahap ringan dulu melainkan langsung ke tahap yang paling dalam yakni REM tadi, nah disaat ini lah sering terjadi rep-repan karena ketika otak anda tiba-tiba terbangun dari tahap REM ini sedangkan tubuh belum maka akan berakibat anda merasa sadar, tetapi tubuh anda sulit untuk digerakkan.

Jadi, tips untuk anda agar terhindar dari fenomena ini, jagalah kebugaran tubuh anda dan biasakanlah tidur dengan pola yang teratur.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment